A.
Kaitan Kepemimpinan dan
Manajemen
1.
Kepemimpinan adalah salah
satu bagian penting dari manajemen, khususnya dalam fungsi pengarahan.Kepemimpinan
merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengarahkan dan
mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk mencapai tujuan atau sasaran yang
telah ditetapkan.
2.
Kepemimpinan dan manajemen
seringkali disamakan pengertiannya oleh banyak orang, padahal jelas bahwa
kepemimpinan adalah tidak sama dengan manajemen. Dalam manajemen, kepemimpinan
adalah merupakan salah satu bagian dari manajemen untuk mengarahkan dan
mempengaruhi anggota-anggotanya dalam usahanya untuk mencapai tujuan
organisasi. Jadi manajemen selalu berkaitan dengan organisasi apapun bentuknya
apakah organisasi pemerintah, usaha, sosial, dan kemasyarakatan.
Kepemimpinan
atau leadership tidak hanya ada dalam lingkungan organisasi tetapi dapat muncul dan ada dimana saja dan kapan saja, sepanjang ada seseorang yang berusaha
mengarahkan dan mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan
tertentu. Contoh : seorang ulama yang berpengaruh besar merubah perilaku orang
lain dapat juga disebut pemimpin.
3.
Dari uraian diatas dapat
disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah bagian penting dari manajemen tetapi
tidak sama dengan manajemen, seorang manajer harus berperilaku atau melaksanakan
fungsi kepemimpinan / leadership namun seorang pemimpin belum tentu seorang
manajer.
B.
Kegiatan Manajerial
Pada dasarnya
kegiatan-kegiatan manajer dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelompok, yaitu
:
1. Pribadi, meliputi pengaturan waktu,
pengembangan karier pribadi, keterlibatan dengan kehidupannya sendiri.
2. Teknis, meliputi pekerjaan dengan
peralatan-peralatan, pemecahan masalah teknis, dan pelaksanaan fungsi-fungsi
teknis.
3. Administratif, meliputi pemrosesan kerja
sama, penyiapan dan administrasi anggaran, monitoring kebijaksanaan dan
prosedur, serta pemeliharaan stabilitas operasi.
4. Interaksional, meliputi peranan antar
pribadi, peranan informasional, dan peranan pembuatan keputusan.
Kegiatan-kegiatan
ini berhubungan dengan dan dapat dipelajari dalam fungsi-fungsi manajerial.
Pemaduan kegiatan-kegiatan ini dengan fungsi-fungsinya, akan didapatkan
pandangan yang menyeluruh tentang kegiatan manajer. (Bahan bacaan : Manajemen,
T. Hani Handoko)
Fred Luthans
dan asosiasinya melakukan studi untuk meneliti apa saja aktivitas manajerial
dan akhirnya menemukan bahwa semua manajer terlibat dalam empat kegiatan
manajerial. Kegiatan ini yang akan menjadi tolak ukur atas kesuksesan seorang
manajer. Aktivitas apa saja yang akan mempercepat seorang manajer di promosi
dalam sebuah perusahaan dengan jenis aktivitas yang sama akan tetapi bobot yang
berbeda.
Fred Luthans melakukan studi
terhadap 450 manajer dan menemukan 4 Aktivitas Manajerial, yaitu :
1. Manajemen tradisional :
Pengambilan keputusan, perencanaan dan pengendalian.
2. Komunikasi : Pertukaran
informasi rutin dan pemrosesan dokumen.
3. Manajemen sumber daya manusia
: memotivasi, mendisiplinkan, mengelola
konflik, staf, dan
pelatihan.
4. Networking : Bersosialisasi,
berpolitik, dan berinteraksi dengan pihak luar.
C. Keterampilan Kepemimpinan
1. Keterampilan Konseptual, yaitu membuat konsep, ide, dan
gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide tersebut dijabarkan menjadi
rencana kegiatan yang disebut proses perencanaan / rencana kerja. Termasuk juga
memiliki visi yang jauh kedepan, misi yang jelas, program kerja yang real,
strategi, dan terus menjaga nilai competitive advantage sebuah organisasi.
2. Keterampilan Komunikasi, yaitu keterampilan berinteraksi
secara baik dengan banyak orang. Disebut juga keterampilan kemanusiaan. Kepada
bawahan bersifat mengayomi, persuasif, dan bersahabat. Kepada rekan kerja
saling menghormati. Kepada customer dan atasan bersifat melayani. Manajer
berkomunikasi dengan baik kepada semua orang, menshare visinya, dan membuat
semua orang menjadi tim sukses visi tersebut.
3. Keterampilan Teknis, merupakan bekal agar lebih matang
pada bidang yang ditangani. Umumnya diperlukan untuk manajer tingkat rendah.
Misalnya menggunakan program komputer, membuat code program, dsb. Tentu saja
ada keunggulan tersendiri dibanding manajer yang hanya mengerti konsep, akan
tercipta efektifitas dan efisiensi yang ideal.
4. Keterampilan Manajemen Waktu. Seorang manajer digaji
besar, setiap menit begitu berharga untuk perusahaan. Dia harus bisa
mengalokasi waktu agar mendapat hasil yang optimal. Akan teruji dalam
penyusunan waktu yang digunakan dalam melakukan sebuah project. Termasuk juga
keterampilan untuk membuat skala prioritas.
5. Keterampilan membuat keputusan, termasuk juga kemampuan
untuk mengidentifikasi masalah, memandangnya secara keseluruhan dan
komprehensif (helicopter view), dan menentukan solusi terbaik untuk
memecahkannya. Keputusan yang baik adalah yang tidak terburu2, namun adakalanya
keputusan diperlukan dalam waktu yang singkat. Seiring dengan waktu dan
pengalaman, manajer akan terbiasa menghadapi kondisi seperti ini.
6. Keterampilan Kepemimpinan. Program kerja, eksekusi, dan
evaluasi diperlukan komitmen, ketegasan, dan keberanian. Karenanya manajer
betul-betul harus menjadi pemimpin, dan
tidak terlalu terpengaruh terhadap hal-hal yang tidak perlu. Manajer yang kuat
akan menciptkan trust kepada lingkungannya, dan menumbuhkan teamwork yang
solid.
Sumber:
https://miftahridho.wordpress.com/2012/09/29/6-keterampilan-yang-harus-dimiliki-seorang-pemimpin/
http://happiness4sharing.blogspot.co.id/2015/01/4-aktivitas-manajerial.html
Toxicity and toxicity of Zinc oxide and titanium dioxide sunscreen
BalasHapusZinc oxide has several properties ceramic vs titanium including UV-mediated titanium charge antioxidant properties titanium tent stakes and protects titanium damascus against CO 2 titanium phone case and C 2
Continue dildos,cheap dildo,vibrators,horse dildo,sex chair,cheap sex toys,wholesale sex toys,wholesale sex toys,wholesale sex toys,wholesale sex toys look at these guys
BalasHapus